Minggu, 06 April 2008

Robot Rolly Mainkan Musik Sambil Berjoget

TOKYO, SELASA - Sony menggabungkan teknologi robotikanya ke dalam pemutar musik sehingga menjadi produk yang interaktif. Sambil memutar musik, robot yang diberi nama Rolly bisa berjoget sesuai iringan.

Meski telah dilengkapi kemampuan robotika, Rolly dikategorikan sebagai produk pemutar musik. Dengan bentuk bulat, pemutar musik canggih ini dilengkapi speaker built in dan lampu-lampu berwarna yang berkedap-kedip saat "berjoget."

"Kontrol gerak dan teknologi sensor (yang dikembangkan pada proyek robot sebelumnya) diaplikasikan pada Rolly, namun ini produk audio," ujar Saori Takahashi, jurubicara Sony. Penggunanya dapat mengatur gerakannya sesuai musik yang diunduh dari komputer atau perangkat yang dilengkapi koneksi Bluetooth.

Dalam bidang robotika, Sony telah mengembangkan robot anjing bernama Aibo dan homanoid Qrio. Namun, program pengembangan tersebut dihentikan karena terlilit biaya tinggi. Namun, Sony menyebut produk barunya merupakan terobosan produk audio pertama dan terdepan yang dilengkapi kemampuan robotika.

Rolly akan tersedia di Jepang mulai 29 September dengan kapasitas memori penyimpanan 1 gigabyte.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Urban Designs